Cara Membuat Roti Maryam Empuk dan Lembut

Cara Membuat Roti Maryam Empuk dan Lembut – Untuk menyambut hari lebaran biasanya banyak dari ibu-ibu rumah tangga yang repot untuk mempersiapkan sajian atau hidangan menu untuk seluruh tamu dan keluarga terdekat. Dan tidak ada salahnya sebaiknya mencoba menu baru yang tidak begitu familiar di kalangan warga kampung, menu tersebut adalah roti Maryam. Untuk di daerah perkotaan menu roti seperti ini mungkin sudah biasa. Akan tetapi untuk ibu-ibu yang telah mudik di kampung halaman keberadaan roti Maryam tersebut dapat di jadikan salah satu menu pilihan yang sangat cocok untuk di sajikan. Semoga saja cara membuat roti Maryam ini dapat saya susun ini dapat anda coba di rumah dengan lancar

Cara Membuat Roti Maryam Empuk dan Lembut

Perlu anda ketahui roti Maryam merupakan Roti yang berbentuk bulat, empuk dan memiliki rasa yang sangat lezat tersebut merupakan kuliner khas dari daerah timur tengah Arab dan nama lain dari roti Mariam adalah roti canai. Untuk cara membuat roti Maryamsendiri tidak begitu sulit karena bahan dasar yang di pergunakan sama dengan roti-roti yang lainnya yaitu tepung terigu dan telur. Mungkin yang membedakannya adalah pada tahap teknik pembuatan adonan roti Maryam itu sendiri, sehingga nantinya dapat menghasilkan roti yang empuk dan lezat.

Advertisement

Bahan-bahan :

  • 500 gr tepung terigu yang mengandung protein tinggi
  • 50 gr margarin / butter/ samin
  • 1 1/2 sdt garam
  • 200 ml air
  • 2 btr telur
  • 100 ml minyak goreng untuk celupan
  • 80 ml minyak goreng untuk adonan

Cara Membuat Roti Maryam Empuk :

  1. Aduklah tepung, telur, garam, air secara bersamaan. Setelah adonan sudah menyatu berikutnya adalah adonan di Lenin dan di banting-banting hingga kalis dan terasa lembut.
  2. Taruh adonan dalam wadah yang kering dan kemudian tutupi dengan plastik atau serbet bersih. Diamkan sejenak kurang lebih 1 s/d 2 jam.
  3. Potong adonan tersebut dengan berat kurang lebih 50 gram, selanjutnya buatlah adonan membulatdan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Pipihkan adonan dan bentangkan sampai sekiranya adonan tampak tipis dan berikan sedikit percikan mentega cair barulah gulung adonan tersebut serapi mungkin dan terakhir masukan adonan ke dalam lemari pendingin selama 10 menit.
  4. Setelah itu keluarkan adonan dari lemari pendingin danpanaskan sedikit dengan menggunakan minyak goreng dan minyak samin di wajan datar/teflon.

Dan kemudian tahap yang paling akhir cara membuat roti Maryam adalah proses penggorengan dengan menggunakan api yang tidak begitu besar. Teknik penggorengan yang harus di lakukan yaitu ketika adonan di goreng, adonan juga harus di siram-siram dengan menggunakan minyak hingga matang dan tunggu hingga roti berwarna agak kecoklatan. Jika sudah, berarti roti sudah siap untuk disajikan.

TAG

step akhir buat maryam,apakah bikin canai dibanting atau tidak,cara membuat roti goreng

Artikel Terkait

Cara Membuat Roti Maryam Empuk dan Lembut | Balqis Annur Qaisha | 4.5