Resep Kue Putu Ayu Empuk dan Mekar

Resep Kue Putu Ayu Empuk dan Mekar – Siapa yang tidak mengenal resep kue putu ayu? Kue yang satu ini cukup populer di Indonesia. Untuk membuat kue ini, caranya sangat mudah dan tidak rumit. Jajanan pasar tradisional yang satu ini masih sering dijumpai di pasar tradisional. Selain itu biasanya kue putu ayu juga dihidangkan dalam upacara adat tradisional atau ketika ada syukuran.

Kue ini identik dengan warna hijau dan motif bunga yang empuk. Kemudian disajikan dengan parutan kelapa. Sebagai salah satu jenis kue tradisional, tentunya kue putu ayu pun harus dilestarikan. Karena masuk ke dalam warisan kuliner Indonesia. Jika tidak, maka lama kelamaan kue ini pun akan punah. Anda pun bisa membuat kue lezat ini di rumah. Berikut ini adalah resep kue putu ayu.

Resep Kue Putu Ayu Empuk dan Mekar

Bahan-bahan untuk Membuat Kue Putu Ayu:

Advertisement
  • Tepung terigu sebayak 300 gram
  • Gula pasir sebanyak 250 gram
  • Kelapa parut sebanyak 1 butir
  • Emulsifier kue sebanyak 1 sdt
  • Garam sebanyak 1 sdt
  • Telur sebanyak 4 butir
  • Santan kental sebanyak 250 ml
  • Pasta pandan / air daun suji

Langkah-langkah Pembuatan Kue Tradisional Putu Ayu:

  1. Siapkan wadah, lalu campur gula pasir, emulsifier kue, dan telur. Kocok ketiga bahan tersebut hingga mengembang dengan sempurna.
  2. Masukkan tepung dan santan secara bergantian dan sedikit demi sedikit, kocok lagi hingga rata.
  3. Tambahkan pasta pandan, aduk hingga warnanya tercampur rata.
  4. Siapkan cetakan untuk putu ayu. Setelah itu olesi permukaan cetakan dengan minyak. Kemudian tambahkan paruta kelapa lalu tekan-tekan. Tuang adonan hingga kira-kira ¾ cetakan.
  5. Adonan dikukus selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang.
  6. Kue putu ayu sudah siap untuk disajikan.

Mudah sekali kan untuk membuatnya? Kue putu ayu memiliki rasa yang manis dan khas. Lalu ada sedikit sensasi rasa gurih karena tambahan kelapa. Ada beberapa tips dalam membuat kue putu ayu, sebaiknya kukus terlebih dahulu paruta kelapa agar tahan lama dan tidak mudah basi. Kemudian ketika mengocok adonan, usahakan agar benar-benar mengembang sempurna dan kental pekat. Cara mengetahuinya ketika kocokan diangkat maka hasil kocokan tidak akan jatuh. Jangan lupa untuk melapisi tutup kukusan dengan serbet atau kain bersih, sehingga adonan tidak terkena tetesan uap. Demikianlah resep kue putu ayu ini, semoga bisa berguna bagi anda.

TAG

cara membuat putu ayu agar mengembang,resep putu ayu,resep putu ayu empuk,resep putu ayu empuk dan mengembang,cara membuat kue putu ayu,tips membuat putu ayu mengembang,cara membuat putu ayu,kue putu ayu,resep membuat putu ayu mekar,Aneka resep kue putu ayu

Artikel Terkait

Resep Kue Putu Ayu Empuk dan Mekar | Balqis Annur Qaisha | 4.5