Resep Membuat Sate Ulat Sagu Khas Papua

Resep Membuat Sate Ulat Sagu Khas Papua – Makanan ekstrim terkadang datang dari hal kecil yang dianggap sepele. Seperti satu kebiasaan warga papua yang suka mencari batang pohon sagu yang sudah mulai membusuk. Mereka mencari batang pohon sagu yang sudah tumbang dan mulai membusuk ini bukan bermaksud mengambil batang pohonnya melainkan mengambil sesuatu yang ada di dalam batang pohon tersebut yaitu ulat sagu. Perburuan ulat sagu ini sudah menjadi rutinitas bagi sebagian warga papua terutama mereka yang berada di daerah dekat hutan. Ulat sagu yang didapat dari batang pohon sagu yang telah tumbang dan mulai membusuk ini dijadikan sebagai makanan langsung layaknya cemilan atau dibuat seperti sate. Hewan yang terlihat menggelikan ini tentu akah sangat menakutkan bila dimakan namun tidak bagi yang sudah terbiasa mengkonsumsinya. Hewan ini ternyata mengandung nutrisi dan dipercaya memiliki manfaat seperti membantu memulihkan kembali stamina tubuh setelah capek seharian beraktivitas. Anda yang suka dengan tantangan dan ingin mencoba makanan ekstrim bisa mencoba mencicipi ulat sagu dengan dibuat sate seperti resepnya berikut ini.

resep-sate-ulat-sagu-kuliner-lezat-ala-papua

Advertisement

Bahan Sate Ulat Sagu

  • Ulat sagu secukupnya
  • Tusukan sate secukupnya
  • Sambal kecap, opsional
  • Sambal kacang, opsional
  • Acar, opsional

Cara Membuat Sate Ulat Sagu :

  1. Untuk mulai menyajikan sate ulat sagu, anda bisa terlebih dahulu menyiapkan lidi atau bambu yang sudah diserut kecil lalu menusukkan ulat sagu yang sudah disiapkan pada tusukan tersebut layaknya sate. Jangan menusukkan ulat sagunya terlalu rapat supaya saat dibakar nanti dapat matang merata.
  2. Sebelum membakar sate ulat sagu, alangkah lebih baiknya menyiapkan bumbu satenya dulu supaya pada saat sate ulat sagu sudah matang dapat langsung disantap hangat-hangat. Pembuatan bumbu satenya dapat berupa bumbu kacang seperti halnya sate madura atau sederhana saja dengan hanya campuran kecap kental manis dan ulekan cabe serta pelengkap acar. Tinggal diatur sesuai selera saja karena disantap langsung tanpa tambahan bumbu juga tidak masalah.
  3. Siapkan bara api lalu bakar sate ulat sagunya sampai matang.
  4. Nikmati langsung atau bersama bumbu sajinya.

Hmm.. cukup geli juga ya. Tapi kalau yang sudah terbiasa mengkonsumsinya seperti warga papua makanan ini berasa gurih dan menjadi penambah energi. Wow, berani untuk mencobanya? Perlu diingat kalau hewan ulat tidak termasuk jenis hewan yang halal di konsumsi bagi warga muslim ya.

TAG

kue ulat sagu,resep sate ulat sagu,resep ulat sagu,resep kue ulat sagu,cara membuat kue ulat sagu,cara membuat ulat sagu,cara membuat kue ulat,resep dan cara membuat kue ulat sagu,cara membuat sate ulat sagu,cara buat kue ulet sagu

Artikel Terkait

Resep Membuat Sate Ulat Sagu Khas Papua | Author | 4.5